Ikan Arapaima , Mamalia Ganas Asal Amazon

BANDARCEME88.com – Beberapa Waktu yang Lalu kita Dihebohkan Dengan Ditemukannya Ikan Arapaima Asal Amazon. Diketahui Bahwa Ikan yang Memiliki Nama Latin Paiche/Arapaime Gigas Merupakan Ikan Air Tawar Terbesar di dunia.

Umumnya Ikan ini Dapat Tumbuh Dengan Kisaran 2-3 Meter. Namun untuk sekarang sangat Sulit dijumpai ikan dengan ukuran tersebut.Rata-ratanya hanya dapat tumbuh sampai 1,5Meter saja, Terjadinya penurunan Pertumbuhan pada ikan ini dikarenakan penangkapan untuk diekspor atau dikonsumsi penduduk setempat.

ARAPAIMA, IKAN AIR TAWAR TERBESAR DIDUNIA

Ikan Arapaima yang Berasal Dari Amazon Dikategorikan sebagai Ikan Air Tawar Terbesar di dunia karena Perkembangan Tubuhnya yang dapat mencapai angka Meter’an. Ikan ini Dapat Hidup dalam Suhu 30┬░Celcius dan dapat tumbuh dengan Berat mencapai 200 KG.

Dikategorikan Sebagai Ikan Dalam Kelompok osteoglossidae (Kategori Ikan Berlidah dan Bertulang) Membuatnya Menjadi Ikan yang dapat Bernapas Dengan Insang dan di Udara Sekaligus. Biasanya Arapaima akan menyelamatkan dirinya Ketika air sedang surut dengan cara menggulungkan dirinya dan membenamkan dirinya ke dalam lubang sampai air pasang kembali.

Kemampuannya yang unik itulah yang dapat membuatnya bernapas dengan udara. Namun Itupun terdapat Perbedaan Pada Bentuk dan Usianya, Terkhusus pada Arapaima Muda Biasanya akan muncul setiap 5 menit sekali, sedangkan untuk arapaima dewasa mereka akan rentan muncul pada 18-20 Menit sekali.

KEDATANGAN IKAN PURBA ARAPAIMA KE INDONESIA

Dikutip dari RIAU24, Ikan Arapaima yang Satu ini adalah Spesies Ikan yang Sangat Menyayangi Calon anaknya. Biasanya Ikan ini akan Bertelur dengan Jumlah yang besar, Sekali Bertelur dapat Menghasilkan 50,000 Butir Telur. Seperti Mamalia pada Biasanya, Sang Induk akan Menjaga Telurnya hingga Menetas.

Sedangkan Jantan akan Menjaga Anak-anaknya pasca Menetas dan diasuh di dalam Mulut. Jantan dan Betina akan Berkomunikasi dengan Pherophone yang tepat berada di kepalanya.

Sejarahnya , Ikan Arapaima ini masuk ke INDONESIA pada Tahun 1990 dimana hanya orang-orang tertentu yang dapat memeliharanya.Namun Beberapa Waktu yang Lalu Ikan ini Muncul di Sungai Brantas, Kecamatan Bumiaji,Kota Baru, Jawa Timur.

Menurut Sumber : Riska Darmawanti

Ikan ini Merupakan Ikan yang Dipelihara Oleh Orang yang Tidak Bertanggung Jawab , Karena Semakin Membesar ikan ini , bukan diserahkan kepada BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) & ECOTON ( Ecological Observation and Wetlands Conservation).

“Itu Ikan Bukan Native Indonesia (asli INDONESIA) itu sepesies yang Invasif. Ikan Itu Pemakan Ikan Lainnya dan Burung, Jumlahnya banyak kami temukan tadi pagi di Sungai dan Beratnya Pun Mencapai 20-40 KG.” Tutur Risma Ketika Dihubungi Wartawan DETIK.com

“Bila Terus Dibiarkan ini tentunya akan Merusak Ekosistem Sungai Brantas, Karena Ikan Yang Berada di Sungai ini bisa habis dimakan Oleh Arapaima ini” Serunya Lagi.